BAGIAN PERAWATAN DAN OPERASIONAL TI

Bagian Perawatan dan Operasional TI yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua sistem teknologi informasi berjalan dengan lancar dan mendukung operasional harian organisasi, memelihara dan mengoptimalkan infrastruktur teknologi informasi (TI) di perguruan tinggi. Bagian Perawatan dan Operasional TI memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran dan ketersediaan sistem TI yang dibutuhkan oleh sivitas akademika.

Tugas Pokok Bagian Perawatan dan Operasional TI sebagai berikut :

  1. Memimpin dan mengelola Bagian Perawatan dan Operasional TI
    a. Menyusun dan melaksanakan program kerja Bagian Perawatan dan Operasional TI.
    b. Membimbing dan mengembangkan staf sub Bagian layanan dan Operasional TI.
    c. Melakukan evaluasi kinerja staf Bagian Perawatan dan Operasional TI.

  2. Memberikan saran dan konsultasi terkait operasional TI kepada Kepala Biro BSTI, pimpinan perguruan tinggi dan unit kerja lain
    a. Memberikan analisis dan rekomendasi terkait kebutuhan operasional TI.
    b. Membantu unit kerja lain dalam mengelola infrastruktur TI mereka.
    c. Melakukan sosialisasi dan edukasi tentang operasional TI kepada sivitas akademika.

  3. Memastikan kelancaran dan ketersediaan sistem TI
    a. Menangani dan menyelesaikan gangguan pada sistem TI dengan cepat dan tepat.
    b. Melakukan pemantauan sistem TI secara berkala untuk mengidentifikasi potensi masalah.
    c. Melakukan pemeliharaan preventif dan korektif pada sistem TI untuk mencegah dan mengatasi kerusakan.
    d. Melakukan upgrade dan migrasi sistem TI untuk meningkatkan performa dan keamanan.
    e. Menganalisis pola masalah untuk menemukan solusi jangka panjang.

  4. Memelihara dan mengoptimalkan infrastruktur TI
    a. Memelihara infrastruktur fisik TI seperti server, jaringan dan perangkat penyimpanan.
    b. Mengelola infrastruktur virtual TI seperti virtual machine dan cloud computing.
    c. Mengelola software TI seperti sistem operasi, aplikasi dan database.
    d. Mengoptimalkan performa infrastruktur TI untuk memastikan kelancaran operasi.

  5. Melakukan pemeliharaan preventif dan korektif sistem TI
    a. Melakukan update dan patch software TI secara berkala.
    b. Melakukan pembersihan dan optimasi database TI secara berkala.
    c. Melakukan pemeriksaan dan perbaikan hardware TI secara berkala.
    d. Mengganti komponen hardware TI yang sudah usang atau rusak.

  6. Melakukan monitoring sistem TI
    a. Memantau performa sistem TI secara real time.
    b. Mengidentifikasi potensi masalah pada sistem TI.
    c. Menangani masalah pada sistem TI sebelum menjadi gangguan yang lebih besar.

  7. Melakukan upgrade dan migrasi sistem TI
    a. Menilai kebutuhan upgrade dan migrasi sistem TI.
    b. Menyusun rencana upgrade dan migrasi sistem TI.
    c. Melakukan upgrade dan migrasi sistem TI dengan aman dan minim risiko.
    d. Memberikan pelatihan kepada pengguna TI tentang cara menggunakan sistem TI yang telah diupgrade atau dimigrasi.

  8. Menyediakan layanan helpdesk TI
    a. Mengembangkan strategi untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan kualitas layanan TI yang diberikan.
    b. Menyediakan layanan laporan keluhan dan pertanyaan dari pengguna TI.
    c. Memberikan panduan dan pelatihan kepada pengguna TI tentang cara menggunakan sistem TI.
    d. Mendokumentasikan solusi untuk masalah TI yang sering terjadi.

  9. Memastikan keamanan sistem TI
    a. Menerapkan kebijakan dan prosedur keamanan TI yang sesuai dengan standar industri
    b. Melakukan audit keamanan TI secara berkala untuk mengidentifikasi potensi kerentanan.
    c. Melakukan edukasi kepada pengguna TI tentang keamanan TI.
    d. Melakukan backup dan recovery data secara berkala untuk mencegah kehilangan data

  10. Menyediakan layanan helpdesk TI
    a. Menyiapkan laporan keluhan dan pertanyaan dari pengguna TI melalui telepon, email atau chat online.
    b. Menyiapkan layanan laporan keluhan dan pertanyaan dari pengguna TI dengan cepat dan tepat.
    c. Memberikan panduan dan pelatihan kepada pengguna TI tentang cara menggunakan sistem TI.
    d. Menyediakan dokumentasi solusi untuk masalah TI yang sering terjadi.

 

Tanggung Jawab:
1. Bertanggung jawab atas tercapainya tujuan dan sasaran Bagian Perawatan dan Operasional TI.
2. Bertanggung jawab atas penyediaan layanan helpdesk TI yang berkualitas kepada sivitas akademika.
3. Bertanggung jawab atas pengembangan dan peningkatan kompetensi staf Bagian Perawatan dan Operasional TI.
4. Bertanggung jawab atas penyampaian laporan kinerja Bagian Perawatan dan Operasional TI kepada kepala Biro STI.